Tepat hari Selasa, 28 Februari 2023, rombongan Share-E Kampung Inggris berangkat ke Trawas untuk melakukan kunjungan ke SAT El Liwa Education Center.Kunjungan itu bertujuan untuk mengadakan sharing pelaksanaan program bilingual English – Arabic yang sedang dirintis oleh pesantren yang mempunyai visi mencetak generasi pemimpin dunia tersebut.

 

Rombongan dari Pare yang baru sampai di tujuan pada pukul 10.30 langsung disambut hangat oleh para ownerEl Liwa Education Center yakni Ustadzah Linda dan Ustadzah Risdah, serta para guru lainnya. Dengan jamuan dan suasana akrab yang menemani pertemuan Share-E dengan El Liwa, perbincangan mengenai permasalahan dalam menjalankan bilingual program di pesantren, salah satunya adalah terkait dengan Role Modeluntuk dijadikan sebagai tauladan para siswa dalam menjalankan program bilingual. Di bagian inilah, tim Share-E memberikan pandangan dan solusi untuk mengatasinya.

Usai sesi sharing bersama para pengajar, agenda dilanjutkan dengan pertemuan dengan para siswi untuk memberikan contoh kepada para pengajar tentang bagaimana membawakan materi bahasa Arab dan Inggris secara lebih efektif. Pertemuan yang dihadiri oleh 32 santri perempuan tingkat SMP dan SMA dengan masing-masing berjumlah 23 dan 9 orang tersebut diawali dengan pemberian materi Bahasa Arab yang dibawakan oleh Ms. Iim, lulusan Sastra dan Bahasa Arab, dan bahasa inggris yang dibawakan oleh Ms. Nova, tutor senior Share-E Kampung Inggris.

 

Dalam penyampaian materi Bahasa Arab, Ms. Iim mencontohkan cara membawakan materi kosakata bahasa Arab yang langsung tersambung dengan pemakaian dhamir yang seringkali menjadi kendala para santriwati untuk menguasai bahasa Al Quran ini.Para siswi, juga guru yang mengikuti forum tampak begitu antusias mengikuti materi yang berlangsung selama hampir satu jam ini.

Dengan mendiktekan sepotong kisah dari The Selfish Giant, salah satu kisah dari dongeng bahasa inggris, Ms. Nova tampil di sesi kedua. Melalui metode khas Share-E ini, para siswa bisa dengan mudah mendapat tambahan kosakata baru, juga keberanian karena mereka ditantang maju satu persatu untuk menuliskan apa yang mereka dengar dari sang tutor. Melalui metode ini, kemampuan listening para santriwati secara otomatis terasah tanpa terasa. Lagi-lagi, pancaran antusias terpantul dari wajah mereka.

Usai shalat Ashar, Mr. Gud, founder Share-E tampil dengan membawakan inspirasi berbahasa Inggris dan Arab melalui video-video penuh semangat, juga video mengharukan yang mengaduk perasaan, juga praktik Tongue Twister yang membuat lidah para siswa terpatah-patah, plus lagu bahasa Inggris yang dinyanyikan bersama-sama yang menguji pronunciation dan accent semua siswa.Dua jam bersama pria murah senyum itu pun berlalu tanpa terasa.

Motivasi demi motivasi yang digelontorkan tim Share-E hari itu sangat memantik semangat para pelajar di El Liwa.Itu sangat terlihat dari banyaknya dari mereka yang berani mengangkat tangan untuk menjawab soal selama forum yang itu menunjukkan bahwa rasa takut mereka untuk belajar dan mempraktekkan bahasa asing mulai memudar.

 

Dari kunjungan singkat ini, diharapkan agar para siswa juga bisa lebih berani dan aktif dalam praktik bilingual, serta apa yang disampaikan bisa memotivasi para siswa dan guru untuk tegaknya program bahasa di El Liwa, Trawas.

 

Sebagai penutup rangkaian agenda kunjungan di El Liwa, rombongan Share-E bersama para guru dan santri melakukan sesi foto bersama. (NRL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *