Kunjungan THE EIGHTERNAL Dari SMPIT Banjar Ke SHARE-E Kampung Inggris

Pada hari Sabtu, 17 Desember 2022, Share-E Kampung Inggris Pare kedatangan rombongan pelajar SMPIT dari kota Banjar, Jawa Barat. Rombongan berjumlah 39, terdiri dari 22 siswi, 13 siswa dan 4 orang guru pendamping. Setelah keluar dari stasiun, para pelajar yang akan belajar di Pare dijemput oleh 2 bus yang telah dipersiapkan.Para siswa kelas 9 dengan nama angkatan The Eighternal ini akan belajar bahasa Inggris dari dasar selama 7 hari penuh di Kampung Inggris Pare.

Menghidupkan tradisi dengan singgah di identitas kota Kediri, Simpang Lima Gumul (SLG), untuk berfoto bersama. Puas berkeliling, rombongan berjaket hitam tersebut melanjutkan perjalanan menuju Kampung Inggris Pare. Tiba di penginapan, selesai santap siang dan bersih diri, mereka diarahkan untuk berkumpul bersama. Technical meeting ini biasa di sebut dengan Welcome Speech. Agenda yang tak hanya memperkenalkanShare-E, yang merupakan kursus Spesialis Ngajar English dari Nol dan Sistematis, juga termasuk sejarah Kampung Inggris Pare dipaparkan dengan lebih akrab di forum ini, serta rangkaian motivasi belajar bahasa Inggrisdari Mr. Gud, the founder of Share-E. Para siswa juga mendapatkan fasilitas berupa modul, string bag dan kamus Oxford. Di lanjutkan dengan test yang ditujukan agar siswa dapat mengetahui kemampuan mereka dan tutor memahami metode yang lebih efektif dalam menangani siswa tersebut, yakni Pre-Test Speaking dan Grammar.

Di hari-hari berikutnya, siswa yang identik berseragam ungu itu harus mengikuti agenda-agenda yang padat, yakni kegiatan dengan pertemuan 5x dalam sehari dan serangkaian kegiatan outdoor class (kegiatan di luar kelas) bersama tutor Share-E. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar yang begitu dinamisdari para tutor, mulai dari Expression Booster yang memaksa siswa menghafal banyak sekali ungkapan-ungkapan dalam percakapan bahasa Inggris, Applicative Grammar yang mengajarkan cara mudah belajar Grammar, Speaking Therapy yang membuat para siswa semakin percaya diri ketika harus berpidato dengan bahasa Inggris, Translation Art yang menguji kemampuan para siswa dalam menggunakan Grammar mereka dalam tulisan dan Conversation Booster yang memantapkan kelancaran siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris, juga pembekalan Public Speaking Art bersama Mr. Gud untuk memperoleh ilmu Public Speaking in English hingga ke ‘akar’ langsung dari masternya.

Setelah materi-materi persiapan diberikan, agenda di mulai di hari kelima. Para pelajar SMPIT dari Banjar itu bersiap menuju monumen berwarna merah bertuliskan ‘Kampung Inggris’, salah satu landmark di Kampung Inggris Pare, untuk diberikan tantangan berupa Public Speaking in English. Keberanian semakin teruji tatkala harus berorasi dengan pemandangan berupa masyarakat dan para pelajar yang berlalu-lalang. Meski keraguan masih nampak pada para siswa yang masih duduk di bangku SMP tersebut, tetapi mereka berhasil merebut perhatian orang-orang yang melintas dengan penuh kekaguman.

Keesokan harinya, rombongan pelajar tersebut melakukan perjalanan menuju Coban Rondo. Di tengah-tengah perjalanan, para siswa singgah di Pondok Bakso Pak Jo untuk santap sarapan.Usai puas dengan sajiannya, perjalanan pun dilanjutkan. Agenda ini tak sekadar berwisata, tetapi para siswa di haruskan menyelesaikan ujian akhir Public Speaking in English di sana. Tantangan bertambah ketika harus berorasi dalam bahasa inggris dihadapan para wisatawan yang terus berdatangan. Tak jarang, fokus para pengunjung salah satu destinasi populer di Malang itu teralihkan oleh penampilan yang lebih berani dan matang bak orator ulung dari parasiswa SMP tersebut. Berikutnya, mereka menikmatiberbagai permainan disana, seperti Labirin, Memanah, Menembak target, berkeliling mengendarai Scooter dan ATV.

Agenda penutup yang bertempat di Alaska, destinasi yang memiliki begitu banyakpohon karet sehingga dijuluki dengan Alas Karet, dimana ‘alas’ dalam bahasa jawa bermakna hutan itu, yakni Inspiring Farewell. Forumtersebut dipenuhidengan nasihat dari para tutordan guruserta pemberian penghargaan kepada para siswa atas antusiasnya selama tujuh hari belajar bersama Share-E di kampung Inggris Pare. [NRL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *