Adakah yang masih bingung dalam menggunakan At, In dan On untuk penyebutan waktu? Misal, kalau nyebut jam pakai At, In atau On ya? Terus kalau mau nyebut hari pakai yang mana ya? Gara-gara kebingungan itu, banyak kan yang akhirnya salah dalam menggunakannya.

Karenanya, itulah pentingnya kita membahas Perbedaan penggunaan At, In dan On untuk menyebutkan waktu beserta contoh-contohnya di bawah ini:

  1. At
  • Penulisan atau penyebutan jam
  1. I usually get upat 6 o’clock. (Saya biasanya bangun jam 6)
  2. I will meet you at 4.15. (Saya akan menemuimu jam 4.15)
  • Penulisan atau penyebutan libur hari besar dan weekends (Natal, Ramadan, IdulFitri, Idul Adha, Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Masehi)
  1. We all had to fast at Ramadan. (Kita semua berpuasa di bulan Ramadan.)

Note: Untuk menyatakan tentang salah satu hari libur tersebut, At diganti dengan On. Contoh: What are you doing on the last Ramadan?. (Apa yang kamulakukan di Ramadan hari terakhir?)

  1. In
  • Penulisan atau penyebutan bagian dari hari
  1. I work better in the morning. (Saya bekerja lebih baik di pagi hari)
  2. Three o’clock in the afternoon. (Jam 3 di sore hari)

Note:     Perhatikan perbedaan antara penggunaan in the night (pada malam tertentu) dan at night (setiap malam) berikut ini:

  • I had to g t up in the night. (Saya harus bangun di malam hari.)
  • I often work at night. (Saya sering bekerja di malam hari.)
  1. On
  • Penulisan atau penyebutan hari
  1. I will ring you on Tuesday. (Saya akan menghubungimu padahari Selasa.)
  2. My birthday is on March 21st. (Ulang tahunku tanggal 21 Maret)

Note:

  1. Dalam bahasa informal, On biasanya dihilangkan. Hal ini sangat umum dalam American English. Contoh: I am seeing her Sunday morning. (Aku melihatnya (pada) minggu pagi.)
  2. Penulisan hari bisa dibuat jamak/ditambah dengan huruf S (Sundays, Mondays, dst) ketika digunakan untuk menyatakan kegiatan yang diulang-ulang. Contoh: We usually go and see Grandma on Sundays. (Kami biasanya pergi dan menjenguk Nenek pada (setiap) hari Minggu.)

Jika disimpulkan, dari semua keterangan di atas, begini kira-kira cara mudah untuk mengingat perbedaan penggunaan At, In dan On:

  • At + jam, hari libur besar dan
  • In + bagian dari hari
  • On + hari.

Sekadar tambahan, kata At, Indan On tidak lazim digunakan dalam Expression of time atau ungkapan waktu sebelum kata next, last, this/that (kadang-kadang), one, any (dalam bahasa informal), each, every, some, all.

  • See you next week. (Sampai jumpa minggu depan.)
  • Are you free this morning? (Apakah kamu luang pagi ini?)
  • I didn’t feel very well that week. (Aku merasa sangat tidak sehat minggu itu.)
  • Let’s meet one day. (Mari kita bertemu suatu hari.)
  • Come any time.(Datanglah kapan pun.)
  • I am at home every morning.(Aku di rumah setiap pagi.)
  • We stayed at home all day. (Kita tidak keluar rumah sepanjang hari.)

Kata At, In dan On ini juga tidak umum digunakan sebelum yesterday, the day before yesterday, tomorrow or the day after tomorrow. Contoh: What are you doing the day after tomorrow? (Apa yang kamu lakukan besok lusa?)

Dalam bahasa informal, penggunaan jamak tanpa At, In dan On bisa digunakan untuk merujuk pada aktifitas yang diulang-ulang. Contoh: Would you rather work nights or days?. (Apakah anda lebih suka bekerja malam atau siang?

Terakhir, dalam penyebutan kata weekend, terdapat perbedaan antara British English yang memakai at the weekend, dan American English yang menggunakan on the weekend.

That’s all penjelasan beserta contoh penggunaan preposition At, In dan On dalam menunjukkan waktu. Hoped you get it! Nah, buat teman-teman yang pengen lebih memperdalam belajar Bahasa Inggrisnya lagi dan pengen merasakan keseruan belajar bahasa di lembaga kursus Kampung Inggris Pare, buruan deh ke Kampung Inggris Pare, utamanya ke Share-E Kampung Inggris biar merasakan konsep belajar bahasa Inggris dari Nol yang super sistematis. Lancar Speakinge, Bener Grammare [la reine]

[1]Source: Swan Michael. 1995. Practical English Usage. New York: Oxford University Press.

crackdetudo.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *